Popular Post

Posted by : Unknown Aug 10, 2013



     Umar bin Khaththab r.a. berkata: ”Demi Allah, satu malam dari Abu Bakar lebih utama daripada keluarga Umar. Sungguh Rasulullah pergi menuju gua Tsur disertai Abu Bakar. Abu Bakar terkadang berjalan di depan beliau, terkadang di belakang beliau".  

Tentu hal itu membuat Rasulullah penasaran, beliau pun berkata, ”Wahai Abu Bakar! Kenapa engkau terkadang berjalan di depanku dan terkadang di belakangku?” Abu Bakar berkata,”Jika aku ingat orang-orang yang mengejarmu, maka aku berjalan di belakangmu, dan jika aku ingat orang-orang yang mengintaimu, maka aku berjalan di depanmu”.  
Rasulullah saw bersabda, ”Wahai Abu Bakar, jika terjadi sesuatu, apakah engkau suka hal itu menimpamu dan tidak menimpaku?”.  
Abu Bakar menjawab, ”Benar, demi Allah yang telah mengutusmu dengan hak, jika ada suatu perkara yang menyakitkan, maka aku lebih suka hal itu menimpaku dan tidak menimpamu”.  

Ketika keduanya telah sampai di gua Tsur, Abu Bakar berkata: ”Tunggu sebentar di tempatmu wahai Rasulullah!, hingga aku membersihkan gua untukmu”.  Kemudian Abu Bakar pun masuk gua dan ia membersihkan (dari segala hal yang akan mengganggu). Ketika ia ada di atas gua, ia ingat belum membersihkan sebuah lubang itu. Kemudian berkata, ”Silahkan turun wahai Rasulullah saw”, maka Rasul pun turun. Umar berkata, ”Demi Allah, sungguh malam itu lebih utama daripada keluarga Umar” (HR Al Hakim dalam Al Mustadrak). ( Suara Islam )


Copyright © Resqyy | All Right Reserved